Senin, 13 Januari 2014

Pra-s2 biologi , sebuah jawaban kecil



kadangkala kita terlalu terburu-buru menafsirkan alamat takdir yang kita jalani. Bisa saja dalam setiap jejak yang tak menyenangkan dalam pandangan mata batin kita yang miskin ini, sebenarnya Allah selipkan jawaban-jawaban dari do’a-do’a selama ini.


pemandangan dari lantai 4 asrama ITB jatinangor, salah satu sudut yang mengarah ke hutan dan lapangan golf


Siapa yang menyangka bahwa keinginan sederhana itu, bertahun-tahun yang entah berapa bilangan, ternyata menampakkan dirinya di sini. Semenjak saya terdampar di jurusan yang bertolak belakang 100 persen dari background pendidikan s1 saya, saya sudah mencoba menerima, berdamai. Memasang di kepala saya anggapan ringan agar kaki saya tidak goyah begitu saja menerima kenyataan seperti ini. Memasang anggap bahwa takdir Allah tidak akan tertukar, termasuk juga perihal kelulusan saya di program beasiswa saintek tahun 2013 lalu.

Sejak lama saya ingin menjelajah, mendaki gunung, menerobos hutan, dan ya, intinya menyegarkan mata dan fikrian dengan menelusuri alam raya ini. Saya di sini ditugaskan belajar di bidang baru, meninggalkan dunia teknik kimia, mengobrak-abrik setiap sekat di dunia biologi . Tak masalah sebenarnya ,menemukan hal-hal baru memang selalu menyenangkan bagi saya. Terlebih lagi, dulu sebelum menyelesaikan jenjang s1, saya pernah berujar bahwa saya ingin s2 dibidang yang berbeda, dan jika memang sanggup sampai ke jenjang s3, juga ingin mengambil bidang lain lagi.


Belajar biologi, susah-susah  gampang. Gampangnya karena saya tak harus menghitung angka-angka dalam jumlah super banyak dan kerumitan tingkat tinggi seperti ketika di teknik kimia., Susahnya adalah karena biologi, meski bukan hal baru karena di smp dan sma juga sudah pernah dipelajari, ketika sampai di sini pembahasannya naik peringkat.   dulunya saya belajar fenomena  perpindahan panas, neraca massa dan energi, perancangan alat, operasi teknik kimia. Sementara di sini saya belajar mengenal struktur tumbuhan, hewan , proses-proses yang berlangsung di tubuh manusia, pembelahan sel, sistem pencernaan, peredaran darah, reproduksi, dan ragam bahasa planet biologi lainnya. Jujur saja, sebenarnya  saya kesulitan mencerna mata kuliah yang diajarkan, namun sedikit demi sedikit pintu pemahaman itu terbuka. saya menjadi sedikit lebih paham sekarang meski nilai saya lumayan jauh tertinggal dibanding teman lainnya.

Satu tiket dari pra s2 ini alhamdulillah sudah di tangan, tiket masuk ke program magister di tahun ajaran baru 2014 nanti. Nilai TPA bersyar 475 ternyata (syukur Alhmdulillah) terlampaui hingga ke angka 580. Bagi saya sudah cukup menghibur , mengingat nilai mata kuliah lain, terutama mikrobiolgi, anjlok sekali. imeskipun saya sudah putar kepala belajar mati-matian. What a life.
( Mengenai program pra s-2 s-2 saintek, akan saya tuliskan sesegera mungkin)

 Wah kejauhan , saya nulisnya akibat terlalu lama vakum menulis. Oke , baiklah kembali ke topik utama, keinginan menjelajah alam sudah ada sejak dulu. Maka saya sering menggunakan nama green di setiap akun yang saya miliki.

Siapa sangka di sini, di jurusan yang semula nyaris membuat saya limbung melewati hari-hari pertama kuliah yang luar biasa membingungkan, justru keinginan menjelajah itu terjawab. Esok, jika tak ada halanagn , kami dari tim pra s2 biologi yang berjumlah 20an orang akan menjejalah ke 2 lokasi hutan kecil tak jauh dari ITB jatinangor, ditutup dengan mengunjungi waduk. Kuliah lapangan ini adalah bagian dari matakuliah ekologi. Dan, kejutan spesial bagi saya yang mungkin dianggap kampungan karena bisa jadi satu-satunya yang belum pernah masuk hutan beneran adalah jadwal kuliah lapangan di akhir bulan nanti.Sabtu terakhir di Januari, insyaAllah kami akan benar-benar menjelajah ke dalam hutn di salah satu gunung yang saya lupa namanya.

Mudah-mudahan rencana ini diizinkan berlangsung . Menuntaskan kecemburuan atas teman-teman, baik di dunia maya maupun nyata yang sudah berekspedisi menapaki alam raya, mencari jejak-jejak kebesaran Sang Pencipta.


Selamat menjalani kuliah lapangan teman-teman pra S2 biologi 2013, Be Excellent!

Asrama ITB Jatinangor, 13 Januari 2014

Jangan lupa, besok 12 Rabiul Awal. Shalawat yuk!

0 komentar:

Posting Komentar